Friday, May 6, 2016

Pengumuman Hasil Ujian Nasional (UN) 2016


Pengumuman untuk kelulusan UN baik SMK/SMA/MA/SMP/MTS cara Cek Pengumuman untuk Kelulusan UN hasil Pengumuman dilakukan Online dan Offline. tahun 2016 Seperti biasa pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara keseluruhan mengenai Pengumuman UN tahun ini, menarik sekali untuk dibahas karena ada jutaan peserta yang sudah menantikan sejak lama UN 2016 ini.

 
Memang tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya Pengumuman UN tergolong menjadi pelengkap saja dikarenakan ketentuan kelulusan tergantung pada sekolah, tidak seperti tahun sebelumnya UN menjadi sebuah momok yang menakutkan karena sekolah tiga tahun hanya ditentukan selama 3 hari saja.

 
Saat ini tidak lagi seperti itu pelaksanaan UN memang seperti amanat Undang undang dimana pengukuran kemampuan, jika ditotal ada sekitar 7 juta peserta UN yang sudah siap untuk mengakses pengumuman terdiri dari sekolah Dasar, Menengah Pertama dan Menengah Atas, mereka semua megharapkan kelulusan dari sebuah UN yang sudah dilalui.

 

Ada beberapa ketentuan kelulusan tahun ini dimana nilai memiliki beberapa katagori yaitu Sangat baik, Baik, Cukup dan Kurang, untuk tahun ini tidaka da ketentuan nilai UN yang pasti, Siswa bisa lulus dengan nilai 0 sekalipun tanpa harus bersusah payah mencari kunci jawaban atau berlaku curang karena ketentuan UN tidak mutlak sepenuhnya berdasarkan nilai UN saja.

 
Ada pertimbangan lain seperti nilai Rapot dan Nilai ujian sekolah, sekarang memang lebih enak jika dibandingkan dengan tahun kami dahulu sekitar 2010 silam dimana ketentuan kelulusan semua bergantung pada nilai UN jadi untuk bisa lulus harus bersusah payah, menghalkan segala cara termasuk berlaku curang demi sebuah akhir yang disebut kelulusan UN.


Bahkan tidak pernah berhenti untuk terus belajar siang dan malam, mencari informasi kisi-kisi soal kesana kemari, tetapi semau itu sudah berlalu dan berganti yang baru beruntunglah kalian sekarang peserta SMK/SMA/MA/SMP/MTS yang ada diseluruh Indonesia tidak seperti kami dulu yang menjadi kelinci percobaan sistem pendidikan.

 
Saat ini sistem pendidikan sudah semakin baik dan diatus benar sesuai ketentuan tanpa mengorbankan siswa untuk menjadi kelinci percobaan sistem pendidikan yang ada. Pelaksaan Pengumuman Kelulusan UN untuk SMK/SMA/MA/SMP/MTS dapat diakses melalui situs remsi Kemendikbud dengan melalui Online.

 
Selain Online anda juga bisa mengecek melalui pengumuman Dinas pendidikan setempat atau dinas kepemudaan dan Olaharaga dikota anda, atau yang paling klasik adalah menunggu kelulusan dari sekolah hanya saja waktunya lebih sedikit lama. Untuk itu kami akan membagi beberapa ketentuan tata cara cek hasil pengumuman kelulusan UN, apa saja untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

 

1. Cek Pengumuman UN Melalui Situs Kemdikbud


Cara cek pengumuman UN secara online menjadi sangat populer dikalangan pelajar baik itu SMK/SMA/MA/SMP/MTS dikarenakan cara ini dinilai sebagai salah satu cara paling cepat untuk memperoleh informasi kelulusan karena dari Kemendikbud langsung ke tangan anda. Cara melakukan cek pengumuman UN online mudah sekali silahkan masuk portal http://un.kemdikbud.go.id/ atau http://kemdikbud.go.id bisa juga melalui http://litbang.kemdikbud.go.id disana ada panel pengumuman hasil UN kemudian klik dan masukan beberapa ketentuan untuk melakukan pengecekan seperti NISN, Asal Sekolah dan Wilayah, tahun ajaran dan beberapa ketentuan lain yang ada pada situs resmi. Cukup mudah bukan. silahkan coba.

 
2. Cek Pengumuman UN Melalui Dinas Pendidikan Setempat.


Jika anda tinggal disebuah kabupaten anda bisa mengecek pengumuman melalui papan pengumuman Dinas Pendidikan diwilayah anda, selain itu untuk anda yang tinggal dikota bisa melalui dinas kepemudaan dan Olahraga, selain melalui papan pengumuman anda juga bisa mengakses pengumuman melalui situs resmi Dinas Pendidikan kota atau kabupaten anda disana tertera Pengumuman UN silahkan akses.

 
3. Cek Pengumuman UN Melalui Situs SIAP PPDB.


Pasti kalian kenal dengan situt siap PPDB dimana sistem situs ini digunakan untuk semua aktivitas baik pendaftaran sampai dengan pengumuman UN, hanya saja tidak semau sekolah atau kabupaten kota yang tergabung dalam sistem SIAP PPDB. Bagi anda wilayah atau sekolahnya masuk dalam peserta SIAP PPDB bisa mengakses pengumuman UN melalui https://siap-ppdb.com meski tidak semua wilayah atau sekolah tergabung dalam siapa PPDB bagi sekolahnya yang termasuk bisa gunakan situs tersebut untuk cek pengumuman.

 
4. Cek Pengumuman UN Melalui Sekolah anda.


Bagi anda yang tidak mau ribet atau sabar menunggu bisa mengakses pengumuman langsung kesekolah selain itu bisa juga melalui situs resmi sekolah bagi sekolah yang memiliki situs resmi mengaksesnya melalui situs sekolah. hanya saja dalam proses cek pengumuman ini tergolong paling lambat karena biasanya terkhir sekali mendapatkan informasi tetapi tidak jadi masalah.

 
Pengumuman Kelulusan UN akan dilaksanakan pada tanggal 07 Mei 2016 mulai pukul 00.00 bagi anda yang mengakses pengumuman poin 1-3 bisa lebih dahulu karena informasi akan lebih dulu diumumkan melalui poin tersebut kemudian jika semua sudah barulah diteruskan ke sekolah, untuk yang tidak sabar bisa mengikuti petunjuk pengumuman yang telah kami jelaskan diatas.

 
Bagi yang sudah mengecek pengumuman dan ternyata hasilnya sesuai dengan yang diharapakan tentu kalian beruntung dan selamat bagi anda, tidak disarankan untuk melakukan coret-ceret baju sebab baju bekas anda bisa diberikan kepada adik-adik anda, atau melakukan yang tidak bermanfaat seperti konfoi atau lainnya kelulusan UN cukup disyukuri tanpa harus berlebihan.

 
Bagi yang tidak lulus jangan kecewa dan jangan pernah putus asa kalian bisa mengikuti ujian kelulusan susulan, tetapi tahun ini hampir tidak mungkin peserta UN tidak lulus karena kriteria ditentukan oleh sekolah juga, kecuali nilai rapot dan ujian sekolah anda tidak memenuhi persyaratan untuk lulus yang telah ditetapkan oleh sekolah anda.


 
sumber : populer.web.id